Selasa, 06 Agustus 2024

MODEL LAPORAN PROSES PEMBUATAN PRODUK - PROYEK BIOTEKNOLOGI

Berikut beberapa contoh pilihan untuk laporan prosedur pembuatan produk bioteknologi pada mata pelajaran IPA kelas IX. Siswa dapat memilih sesuai dengan potensi, minat, bakat dan lingkungan pengaruh yang dimilikinya. 

1. Foto Kegiatan - Kalian dapat menata foto pada selembar kertas lalu diberikan keterangan



2. Membuat cerita sederhana - Uraikan suasana saat kalian membuat produk dan tata caranya


DONAT WARNA WARNI

Oleh Ruslan DA

Membuat donat bukan hal yang mudah bagiku. Inilah alasannya sehingga ibu membantuku. Beliau menuliskan semua bahan yang akan digunakan. Menuju pasar terdekat menjadi pilihan untuk menyiapkan semuanya. Aku membeli gulu halus, tepung terigu, coklat, mentega, telur ayam dan messes warna warni. Bahan yang paling penting lainnya adalah bibit roti. Bahan ini akan menjadi factor terjadinya fermentasi, kata pak guru.

Mencampurkan semua bahan dengan menggunakan mixer dan baskom kecil. Setelah adonan jadi yang telah dibuat didiamkan selama satu jam, tahap penggorengan dimulai. Untuk membuat lubang pada bagian tenganya, aku menggunakan tusuk somai. Semua langkah-langkahnya dikerjakan bersama ibuku. Perempuan yang baik hati itu, selalu memberitahu cara yang tempat untuk menggoreng, membuat lubang ditengah adonan hingga menentukan produk yang telah matang.

Setelah donat gorengnya telah dingin, diploes dengan coklat cair pada bagian atasnya. Tidak lupa ditaburi mesess yang berwarna-warni. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah, olesannya jangan sampai cair agar tidak meluber. Oles dengan hati-hati agar merata dan rapi. Menaburi mesess dengan nerata dan berlahan agar terlihat menarik.

Setelah semua selesai, ibuku memuji pekerjaanku. Menurutnya, aku telah memapu membuat donat sesuai rencana yang telah disusun sebelumnya. Sebelum dikemas, ibuku menuliskan testimoninya pada buku tugas proyekku untuk dinilai oleh guru. Terimakasih ibu telah membantuku dalam membuat donat warna-warni.

Kendari, 6 Agustus 2024

Diketahu oleh Orang tua Siswa

Tdd

Muh. Alamsyah Sumarna


3. Membuat video tentang urutan pembuatannya lengkap dengan alat dan bahanya


https://youtu.be/IZpkfkGWLd8?si=Swg8uTqqn5fhZi0V


4. Membuat desain pada canva




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LKPD Eksperimen Tamu Saga

  Lembar Kerja Peserta Didik ada di sini..... https://drive.google.com/file/d/1DAOfvvY6ZPvQAgvyImoSds9HcilKQ1MH/view?usp=drive_link