Rabu, 24 Juli 2024

PROYEK 1 KELAS IX : BIOTEKNOLOGI

 


Proyek 1

 

AYO RANCANG PRODUK MAKANAN KESUKAANMU!

 

Memasuki materi bioteknologi kita akan mengeksplorasi kemampuan daya pikir, kreativitas dan inovasi diri dalam pembuatan produk bioteknologi konvensional. Kalian dapat memilih satu bentuk produk sesuai aset dan lingkungan pengaruh yang dimiliki di sekitarmu.


Langkah pertama yang dilakukan dalam materi ini adalah merancang produk yang akan dipamerkankan nantinya. Apa yang kalian harus lakukan? Ikuti langkah-langkah berikut.

1.    Menentukan produk yang akan dibuat. Sepakatilah bersama kelompok dalam komunitas kelasmu. Kalian dapat menempuh beberapa cara yang kalian anggap tepat. Berdiskusi, foting atau cabut lot bahkan dapat pula dengan kesepakatan kelas yang kalian rancang.

2.    Meminta tanggapan ayah/ibu atau orang terdekat dirumah tentang rencana yang akan lakukan. Mintalah tulisan tangan mereka berupa catatan singkat tentang pendapat atau saran mereka melalui buku proyekmu. Jangan lupa membubuhi tanggal, tanda tangan dan nama jelas agar gurumu bisa membalasnya dengan tepat. Menumu bisa saja berubah sesuai kesepakatanmu dengan orang-orang terdekatmu dirumah. Mintalah pendapat melalui konsultasi dengan gurumu untuk hal ini.

3.    Pertimbangkan dan sesuaikanlah dengan kemampuan dan kebutuhan yang ada pada diri dan lingkungan keluargamu untuk membuatnya nanti.

4.    Buatlah menu produ bioteknologimu.

a)    Tuliskan dengan jelas nama menu (misalnya, tape ketan semanis madu, tempe wangi pandan buatanku dll).

b)    Jelaskan alat dan bahan yang kamu butuhkan.

c)    Uraikan pula prosedur kerja yang akan kamu lakukan. Carilah narasumber dari keluarga atau tetanggamu tentang produk tersebut. Perkaya wawasanmu dengan melakukan literasi melalui beberapa sumber yang tepat untuk menentukan rancangan menu buatanmu.

d)    Buatlah karya tulismu ini dibuku proyekmu.

5.    Mintalah catatan atau testimoni gurumu dalam buku proyekmu tentang apa yang kamu rencanakan.

 

Selamat berkarya. Semoga membawa manfaat bagi dirimu dan orang lain.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LKPD Eksperimen Tamu Saga

  Lembar Kerja Peserta Didik ada di sini..... https://drive.google.com/file/d/1DAOfvvY6ZPvQAgvyImoSds9HcilKQ1MH/view?usp=drive_link